Jumat, 24 Agustus 2012

Tradisi Minum Kopi di berbagai Negara


  Menikmati momen perbincangan dengan kerabat atau klien sambil menyesap secangkir kopi merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Selain suasana yang lebih santai, kedai kopi juga biasanya memanjakan pengunjung dengan layanan berinternet gratis dengan tersedianya layanan wi-fi.
Budaya minum kopi di setiap negara berbeda-beda. Jika Anda merupakan seorang pecinta kopi yang juga suka melancong ke berbagai negara yang memiliki tradisi meminum kopi seperti di beberapa negara di bawah ini.

Vienna, Austria
Meminum kopi sudah menjadi ritual wajib di pagi hari bagi sebagian besar penduduk lokal di Vienna. Anda sepertinya akan rugi jika hanya memesan kopi reguler seperti espresso atau cappuccino di sini, karena kota di Autria ini memiliki banyak varian olahan kopi dengan rasa yang unik.
Anda patut mencoba Einspanner (double espresso dengan whipped cream), Kaisermelange (campuran moka tanpa susu, kuning telur, madu, dan cognac) atau Melange (kopi dalam cangkir besar dengan busa susu panas). Sebagai souvenir bagi rekan sesama penggila kopi, bawakan saja cangkir espresso dengan motif etnik China yang bisa dibeli di Kaertnerstrasse, area berbelanja jalanan paling elegan di Vienna.

Amsterdam, Belanda
Negara Belanda memang lebih dikenal dengan seduhan tehnya, namun masyarakatnya juga sangat suka bersosialisasi dan bertemu dengan teman untuk menikmati secangkir kopi. Di bruin cafe, atau sebutan untuk kedai kopi dari kayu, pun menjadi tempat favorit untuk berkumpul. Karena biasanya bruin cafe menyediakan espresso dengan citarasa kopi yang kuat dengan panganan manis untuk menambah kenikmatan suasana.

Roma, Italia
Kota Roma merupakan tempat dimana Anda bisa menikmati espresso yang menjadi favorit banyak orang. Beberapa kedai kopi di sini memang tidak terlalu terlihat jika dibandingkan dengan kafe yang menyediakan pasta atau pizza. Anda bisa meminta bantuan penduduk lokal untuk menemukan tempat minum kopi terbaik. Pagi hari sebelum jam 10 merupakan waktu terbaik untuk menikmati kopi terutama cappuccino. Karena bagi orang Italia, cappuccino adalah minuman paling tepat untuk sarapan.

Wellington, Selandia Baru
Wellington merupakan kota paling favorit bagi warga Selandia Baru untuk menikmati sajian kopi klasik, seperti long black, yaitu double shot espresso di atas air panas. Konon, Wellington memiliki lebih banyak kafe per kapitanya dibandingkan dengan New York. Jadi, tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat minum kopi berkualitas tinggi di Wellington. Selain long black, minuman yang patut Anda coba di kota ini adalah flat white, yaitu latte dengan rasa susu yang lebih creamy.

Buenos Aires, Argentina
Pengaruh Spanyol dan Italia yang kuat menjadikan Argentina menjadi salah satu negara peracik kopi terbaik di dunia. Kopi dan kafe merupakan budaya yang cukup kuat bagi mereka. Mulai dari percakapan santai hingga diskusi bisnis, hampir semua acara pertemuan tidak akan lengkap tanpa secangkir kopi. Dengan budaya minum kopi yang kuat, bisa dipastikan Buenos Aires juga memiliki bermacam kedai dengan sajian kopi paling enak di dunia.

Seattle, Amerika Serikat
Menurut sejarah, Seattle merupakan tempat lahirnya budaya minum kopi di Amerika. Menyebut kota Seattle, tidak bisa lepas dari Starbucks karena di kota inilah perusahaan kopi ternama di dunia itu didirikan pada tahun 1971. Namun, jika ingin merasakan budaya minum kopi khas Seattle, ada beberapa kedai lokal yang cukup terkenal seperti Espresso Vivace dan Zoka. Anda juga bisa menikmati kopi di sekitar tempat tinggal penduduk, seperti di Fremont dan Ballard.

Indonesia
Kopi juga tidak bisa dilepaskan dari negara Indonesia. Berbagai macam kopi tersaji dari Aceh hingga Papua dengan citarasa yang beragam dan nikmat. Sudah tidak terbantahkan bahwa Indonesia memiliki kopi robusta dan Arabica terbaik di dunia, dan tidak kalah pula kopi termahal di dunia yaitu kopi luwak. Jika memang tidak suka melancong ke luar negeri, Anda bisa mencoba kopi khas dari berbagai provinsi di nusantara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar